Tags

, , , , , ,


Kalau kita ke Wonosobo di Jawa Tengah tentu kita akan mengunjungi alun-alun di tengah kota. Di tempat tersebut pernah terjadi satu peristiwa yang sangat populer. Mbah Umar, yaitu kakek dari Sayyidi Sheikh Suhaimi telah ditangkap untuk digantung oleh penjajah Belanda. Sebelum digantung, sambil ditonton oleh khalayak ramai, kepala mbah Umar dibungkus dengan karung. Setelah selesai eksekusi gantung tersebut, karung pun dibuka. Namun betapa terkejutnya semua yang menyaksikan karena ternyata yang telah mati digantung adalah orang Belanda yang menangkap mbah Umar. Sedangkan Sheikh Umar sendiri tiba-tiba ikut berada di tengah-tengah orang banyak atau khalayak yang sama-sama menyaksikan peristiwa itu!

Aneh bukan? Memang tidak masuk akal! Waktu bilakah Sheikh Umar melepaskan diri dari tali gantung? Dan kapan pula orang Belanda itu digantungnya? Seperti sulap. Dimana mata dan akal ditipu oleh pemain-pemain sulap.

Kalau anda percaya adanya ilmu sulap, mengapa anda tidak percaya adanya ilmu keajaiban roh? Bahwa roh itu sangat bekerja. Fisiknya dapat diubah dan ditukar. Contoh, para malaikat itu bisa datang kepada Nabi Muhammad dengan wajah yang macam-macam, berbeda-beda rupanya. Seolah-olah fisik itu seperti baju yang dapat ditukar-tukar.

Sheikh Mbah Omar itu contohnya, ketika orang akan membunuhnya, rohnya yang mata kita tak dapat melihat itu pun bekerja. Dighaibkan fisiknya. Seperti kita tutup baju kita, maka orang pun tak dapat melihat baju kita itu. Kemudian roh itu juga mengangkat si Belanda dengan kuasa roh, disangkut ke tali gantung. Teknologi ini akal pun tak mampu pikirkan. Bahkan akal ini hal lahir-lahir ini pun banyak yang tak mampu dijawab. Sebab itu siapa yang hanya merujukkan semua hal kepada akalnya, akan banyaklah silapnya. Rujukan ialah kepada Quran. Quranlah yang memperkenalkan ilmu atau teknologi ghaib ini sebenarnya. Hanya Allah Yang Maha Mengetahui semuanya.

Baginda Rasul saw waktu Isra’ Mi’raj pun ghaib sebenarnya. Tapi mengapa di hari wafatnya Baginda tidak dighaibkan? Sebab misi atau peranannya sudah selesai di peringkat kebangkitan pertama Islam. Untuk misi kebangkitan Islam kedua, Allah taqdirkan Baginda saw berperanan secara roh, sebab sudah wafat. Tetapi Imam mahdi dan Putra Bani Tamim itu sekarang ini masih ghaib, dimana kepergiannya itu dalam keadaan tugasnya belum selesai.

Wallahu a’lam.